Ini Kegunaan Utama Cloud Service dalam Kehidupan Sehari-hari -->

Advertisement

Ini Kegunaan Utama Cloud Service dalam Kehidupan Sehari-hari

Admin Ganteng
Saturday, January 14, 2023

Cloud service kini termasuk layanan teknologi yang kian diminati di kalangan bisnis. Hal itu karena layanan tersebut memiliki fitur yang mampu memudahkan operasional bisnis, misalnya fitur ruang penyimpanan data dengan kapasitas besar.

 

Namun tidak hanya itu, cloud service juga memiliki kegunaan lain yang tidak kalah bermanfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

 

Apa sajakah kegunaan-kegunaan itu? Simak tulisan berikut ini.


Lokasi Penyimpanan Data Teraman

 

Kemungkinan Anda menyadari bahwa data dan file penting tidak bisa disimpan sembarangan. File-file seperti foto, dokumen, dan data proyek akan menjadi masalah jika sampai hilang. Anda bisa saja menyimpan file tersebut ke dalam perangkat keras seperti flashdisk maupun harddisk.

 

Akan tetapi, jika perangkat tersebut rusak atau hilang, file dan data penting Anda juga akan lenyap. Untungnya, dengan menggunakan penyimpanan cloud, Anda tidak perlu lagi khawatir akan masalah semacam itu. Hal itu dikarenakan media penyimpanan cloud bisa dibuka kapan saja dan di mana saja melalui internet.


Kapasitas yang Tidak Terhingga

 

Keunggulan lain cloud service adalah kapasitas penyimpanannya yang bisa dibilang tidak terbatas. Anda bisa memiliki ruang penyimpanan hingga berukuran terabyte tanpa harus membeli perangkat keras tambahan. Terlebih lagi, kapasitas tersebut dapat dengan mudah Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang Anda perlukan hanya membayar biaya layanan saja, yang biasanya jauh lebih murah dibandingkan harga perangkat keras.


Bisa Menghemat Pengeluaran

 

Dengan menggunakan layanan cloud, Anda dapat menjadikan pengeluaran Anda lebih efektif. Itu sebab saat menggunakan layanan tersebut Anda hanya perlu membayar biaya bulanan yang tergolong terjangkau.

 

Melalui biaya bulanan itu, Anda akan mendapatkan fitur layanan cloud yang dapat diandalkan tanpa harus terbebani biaya perawatan, pengadaan perangkat, dan lain sebagainya.


Data Mudah Ditemukan

 

Layanan cloud juga dapat membuat manajemen data Anda menjadi lebih mudah. Saat Anda membutuhkan suatu data tertentu, Anda akan bisa mendapatkannya dengan gampang dan cepat.

 

Itu karena semua data tersebut tersimpan di satu tempat yang tersentralisasi, sehingga tidak akan memakan waktu lama untuk menemukan data yang dicari.

 

 

Itulah beberapa kegunaan cloud service bagi kehidupan sehari-hari.

 

Tentu saja, kegunaan-kegunaan tersebut pada dasarnya dapat berlaku juga untuk urusan bisnis.

 

Jika tertarik menggunakan layanan cloud untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis, Anda bisa menggunakan cloud service provider Indonesia neuCentrIX.

 

NeuCentrIX adalah salah satu provider cloud yang sudah terbukti aman dan mampu memberikan layanan terbaik.