Sejarah Jersey Persebaya Bukan Sekedar SIVB -->

Advertisement

Sejarah Jersey Persebaya Bukan Sekedar SIVB

Admin Ganteng
Friday, April 29, 2022

Sejarah Jersey Persebaya Bukan Sekedar SIVB. --Persebaya Surabaya (singkatan dari Perserikatan Sepakbola Surabaya, secara harfiah diterjemahkan menjadi Persatuan Sepak Bola Surabaya) atau hanya Persebaya adalah tim sepak bola profesional Indonesia yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Ini bermain di Liga 1.

Klub ini didirikan pada tanggal 18 Juni 1927 dengan nama Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Paijo dan M. Pamoedji, pendiri SIVB, berniat membuat ikatan ini untuk menampung pemain pribumi.


Berdirinya SVB

Sebelumnya, pada tahun 1910, berdiri Sorabaiasche Voetbal Bond (SVB). Namun ikatan ini didirikan untuk menjadi representasi masyarakat Belanda yang tinggal di Surabaya. Klub ini juga memiliki kedekatan dengan pemerintah Hindia Belanda.Keduanya jelas memiliki kebijakan yang berbeda. SIVB yang beranggotakan masyarakat adat terlibat aktif dalam gerakan kemerdekaan Indonesia.


Kerjasama Club

Bersama VIJ Jakarta (sekarang Persija), BIVB Bandung (Persib), MIVB Magelang (PPSM), MVB Madiun (PSM), VVB Solo (Persis), dan PSIM Yogyakarta, tujuh klub memprakarsai pembentukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). kata sepak bola baru dipakai mulai kongres 1950 di Solo) tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.


Pergantian nama Menjadi persebaya

PSSI kemudian mengadakan kompetisi klub anggota sejak tahun 1931. Namun, kemudian kevakuman dimulai pada tahun 1943 setelah pendudukan Jepang di Indonesia membatasi pergerakan organisasi. Pada tahun 1943 SIVB juga berganti nama menjadi Persibaya.Sedangkan SVB berkompetisi dalam kompetisi yang diadakan oleh Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB). NIVB kemudian berganti nama menjadi Indische Voetball Unie Belanda) karena pemerintah kolonial menganggap NIVB tidak mampu lagi menandingi PSSI.


Kompetisi Persatuan Sepak bola

Mereka menggelar kompetisi Persatuan Sepak Bola Negara Indonesia/Voetbal Union Verenigde Staten van Indonesia (ISNIS/VUVSI). Pesertanya adalah klub-klub yang ada pada masa pemerintahan Hindia Belanda, antara lain VBO Jakarta (pesaing VIJ Jakarta/Persija sebagai anggota PSSI), VBBO Bandung (Persib pesaing), VSO Semarang (pesaing PSIS) dan SVB (pesaing Persibaya).


Tingkat Kemenangan

Dua kali tahun 1949 dan 1950, SVB selalu menang. SVB adalah salah satu tim kuat di NIVU, mereka telah memenangkan kejuaraan sebanyak sebelas kali. Hanya kalah dari pencapaian VBO Jakarta yang meraih 13 gelar.